Eksistensi Sistem Pembayaran Menggunakan Metode QRIS Pada Era Modern

Eksistensi Sistem Pembayaran Menggunakan Metode QRIS Pada Era Modern

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, menjadikan berbagai aktivitas dapat dilakukan dengan sangat mudah. Salah satu yang menjadi sorotan yaitu tentang sistem pembayaran. Sebelum berkembangnya teknologi digital seperti sekarang ini, banyak orang melakukan transaksi jual beli secara langsung, dimana baik penjual atau pembeli menggunakan uang fisik sebagai metode transaksi. Sekarang ini zaman susah semakin berkembang dimana teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat, dimana saat ini orang- orang dapat melakukan kegiatan jual beli menggunakan metode digital, yaitu menggunakan Metode QRIS. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan QR code yang diluncurkan secara khusus oleh Bank Indonesia untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi nontunai. Jadi jika kamu ingin berbelanja, tidak perlu khawatir lagi jika tidak membawa uang tunai, sebab saat ini sudah banyak store menggunakan QRIS sebagai metode pembayarannya. Pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai eksistensi QRIS dan juga manfaatnya bagi masyarakat.

QRIS sendiri merupakan metode pembayaran nontunai yang resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019 yang lalu, akan tetapi baru efektif digunakan secara nasional pada tahun 2020. Penciptaan QRIS sendiri dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang semakin massive, dimana untuk menjawab massive nya perkembangan teknologi tersebut maka Bank Indonesia berinisiatif untuk menciptakan sebuah metode pembayaran nontunai yang dapat digunakan oleh banyak orang. QRIS sendiri merupakan metode pembayaran yang telah diintegrasikan dengan berbagai aplikasi pembayaran digital seperti OVO, DANA, Link Aja, dan masih banyak lagi aplikasi digital yang sudah terintegrasi dengan QRIS. Sejak berkembangnya aplikasi pembayaran digital tersebut, maka popularitas QRIS semakin dikenal oleh banyak orang. QRIS tentunya memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, dimana salah satu yang paling dirasakan yaitu masyarakat tidak perlu khawatir jika tidak membawa uang fisik.

See also  Menggila di Dunia Game: 5 Game Komputer yang Bikin Kamu Stres tapi Bikin Ketagihan

Beberapa kota besar bahkan sudah menerapkan QRIS sebagai salah satu metode pembayarannya, dimana selain menggunakan uang tunai kamu juga dapat menggunakan opsi lainnya yaitu dengan menggunakan QRIS. Saat ini perkembangan QRIS memang sangatlah cepat dimana hampir dibanyak toko swalayan, warung, tempat makan, hingga pusat perbelanjaan menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini, maka masyarakat juga perlu mengetahui tentang sistem pembayaran menggunakan QRIS. Selain efektif, nyatanya menggunakan sistem pembayaran dengan QRIS juga aman karena diawasi secara langsung oleh Bank Indonesia sehingga transaksi yang kamu lakukan aman.

Manfaat Menggunakan Metode QRIS

QRIS menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli, hal tersebut karena menggunakan QRIS lebih mudah dan tentunya prosesnya sangat cepat. Perlu kamu ketahui bahwa ternyata metode pembayaran menggunakan QRIS memiliki berbagai manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan QRIS yang belum banyak orang ketahui.

  1. Tidak Perlu Membawa Uang Tunai

Manfaat pertama dari adanya sistem pembayaran menggunakan metode QRIS yaitu kamu tidak perlu repot-repot menggunakan uang dalam bentuk fisik. Jika kamu kehabisan uang, kamu cukup melakukan scan pada barcode yang biasanya diadakan oleh pusat perbelanjaan, toko, warung, dan lainnya. Kamu dapat menggunakan aplikasi dompet digital untuk memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran menggunakan QRIS. Caranya sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu mengisi saldo dompet digital yang kamu miliki untuk selanjutnya saldo tersebut digunakan untuk melakukan transaksi menggunakan metode QRIS.

  1. Cukup Satu Genggaman

Melakukan pembayaran menggunakan metode QRIS dapat dilakukan dengan sangat mudah, dimana kamu hanya perlu membuka aplikasi dompet digital yang terdapat pada smartphone kamu. Metode QRIS dinilai lebih efektif untuk menggantikan transaksi tunai, karena seperti yang kita tahu bahwa transaksi tunai cenderung memerlukan waktu yang lumayan lama terutama saat kamu menunggu uang kembalian dari proses jual beli tersebut. Namun dengan menggunakan QRIS semuanya sapat dilakukan dengan sangat mudah dan tentunya tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Transaksi Terjamin Keamanannya
See also  Tips Membaca Grafik Saham Untuk Pengambilan Keputusan Investasi

Manfaat terakhir yang dapat kamu dapatkan jika menggunakan sistem pembayaran dengan metode QRIS yaitu proses transaksi yang kamu lakukan telah terjamin keamanannya. Hal tersebut karena seluruh proses transaksi yang dilakukan secara langsung diawasi secara langsung oleh Bank Indonesia sebagai pihak yang menginisiasi sistem pembayaran berbasis QRIS. Jadi akan ada jaminan uang kembali jika ada kesalahan dalam proses transaksi. 

  1. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Peredaran uang palsu menjadi salah satu masalah yang masih sering terjadi bahkan hingga sekarang ini. Terutama bagi seorang penjual, jika menemukan pelanggan djarumtoto demo  yang menggunakan uang palsu dalam proses transaksi tentunya sangat menyebalkan. Untuk menghindari resiko tersebut, maka tidak sedikit UMKM menggunakan sistem pembayaran berbasis QRIS dalam prosesnya. Tentu hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menghindari peredaran uang palsu yang saat ini marak terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *